MARI MELURUSKAN ARAH KIBLAT RUMAH / MUSHOLLA / MASJID KITA

14:03
Luruskan arah kiblat
Saya menemukan tulisan dengan judul.di atas. Ini koq serasa aneh? Apakah masjid atau musholla apalagi rumah harus menghadap qiblat? Apakah jika setelah tahu bahwa masjid tersebut tidak menghadap qiblat, lalu dibongkar? Jawabannya, ya nggak laaaah.

Yang wajib menghadap qiblat itu orang yang shalat, bukan masjidnya.....

Bagi kita yang jauh dari posisi ka'bah, APAKAH WAJIB menghadap qiblat dengan secara tepat dan akurat?

Ada dua pendapat :
1. Wajib menghadap tepat kearah ka'bah ('ainul qiblah) walaupun berada diluar kota Makkah

2. Tidak wajib, ini adalah pendapat yang lebih kuat
Yakni bagi orang yang berada diluar kota Makkah maka cukup menghadap kearah kiblat diantara salah satu arah mata angin yang 4 (Selatan, barat, utara, dan timur) tanpa harus tepat karena kesulitan menentukan kiblat secara tepat.

Menurut SEBAGIAN ULAMA yang mendukung pendapat kedua ini, jika memang ada kemampuan untuk menghadap secara akurat, maka tidak sah menghadap ke arah kiblat mengikuti salah satu arah mata angin yang 4.

Oleh karena itu saran kami (admin) jika ada kemampuan shalat menghadap kiblat secara tepat dan akurat, maka SEBAIKNYA, SEKALI LAGI SEBAIKNYA kita memilih pendapat yang tidak diperselisihkan para ulama yakni shalat menghadap arah yang paling akurat, (minimal mendekati) arah ka'bah sesungguhnya. Bagaimana caranya?

Dua kali dalam setahun matahari akan lewat diatas ka'bah pada. Dan tepat pada jam berikut ini matahari persis berada di atas ka'bah. Itu artinya segala benda yang tegak lurus pada saat itu pasti arah bayangannya lurus ke ka'bah.

1. 28 Mei jam 16:18 WIB
2. 16 Juli jam 16:27 WIB

Sekali lagi yang wajib menghadap qiblat itu orang yang shalat. Bukan masjidnya. Dan bagi musholli jika bisa berijtihad ke arah kiblat secara akurat, SEBAIKNYA shalat menghadap kiblat secara akurat.

Bughyatul Mustarsyidin halaman 78

ـ (مسألة : ك) : الراجح أنه لا بد من استقبال عين القبلة ، ولو لمن هو خارج مكة فلا بد من انحراف يسير مع طول الصف ، بحيث يرى نفسه مسامتاً لها ظناً مع البعد ، والقول الثاني يكفي استقبال الجهة ، أي إحدى الجهات الأربع التي فيها الكعبة لمن بعد عنها… وهو قويّ ، اختاره الغزالي وصححه الجرجاني وابن كج وابن أبي عصرون ، وجزم به المحلي ، قال الأذرعي : وذكر بعض الأصحاب أنه الجديد وهو المختار لأن جرمها صغير يستحيل أن يتوجه إليه أهل الدنيا فيكتفى بالجهة ، ولهذا صحت صلاة الصف الطويل إذا بعدوا عن الكعبة ، ومعلوم أن بعضهم خارجون من محاذاة العين ، وهذا القول يوافق المنقول عن أبي حنيفة وهو أن المشرق قبلة أهل المغرب وبالعكس ، والجنوب قبلة أهل الشمال وبالعكس ، وعن مالك أن الكعبة قبلة أهل المسجد ، والمسجد قبلة أهل مكة ، ومكة قبلة أهل الحرم ، والحرم قبلة أهل الدنيا ، هذا والتحقيق أنه لا فرق بين القولين ، إذ التفصيل الواقع في القول بالجهة واقع في القول بالعين إلا في صورة يبعد وقوعها ، وهي أنه لو ظهر الخطأ في التيامن والتياسر ، فإن كان ظهوره بالاجتهاد لم يؤثر قطعاً ، سواء كان بعد الصلاة أو فيها ، بل ينحرف ويتمها أو باليقين ، فكذلك أيضاً إن قلنا بالجهة لا إن قلنا بالعين ، بل تجب الإعادة أو الاستئناف ، وتبين الخطأ إما بمشاهدة الكعبة ولا تتصوَّر إلا مع القرب ، أو إخبار عدل ، وكذا رؤية المحاريب المعتمدة السالمة من الطعن قاله في التحفة ، ويحمل على المحاريب التي ثبت أنه صلى إليها ومثلها محاذيها لا غيرهما.
ـ (مسألة : ك) : محل الاكتفاء بالجهة على القول به عند عدم العلم بأدلة العين ، إذ القادر على العين إن فرض حصوله بالاجتهاد لا يجزيه استقبال الجهة قطعاً ، وما حمل القائلين بالجهة على ذلك إلا كونهم رأوا أن استقبال العين بالاجتهاد متعذر ، فالخلاف حينئذ لفظي إن شاء الله تعالى لمن تأمل دلائلهم

Gambar hanya ilustrasi. Sebagai rambu-petunjuk arah, maka garis shof di masjid seyogyanya dibuat seakurat mungkin. Perkara ada orang shalat tidak mengikuti petunjuk arah, namun agak miring, maka jangan salahkan petunjuk arahnya. Juga jangan salahkan yang shalat. Karena keduanya sama2 punya dalil

Oleh: Yai Imam Tantowi
Fb : islamuna.info Googlenya Aswaja

Artikel Terkait

Previous
Next Post »